Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Era Kaum Muda yang Berkuasa!


"TERPILIHNYA M. Ridho Fichardo menjadi ketua Partai Demokrat Provinsi Lampung menambah bilangan kaum muda usia 30-an awal di tampuk pimpinan lembaga politik daerah ini!" ujar Umar. "Itu bisa jadi pertanda tibanya era kaum muda yang berkuasa, era yang membawa implikasi dalam kehidupan sosial-politik dan praktek kekuasaan!"

"Selain Ridho, di barisan itu ada Marwan Cik Asan (ketua DPRD provinsi), Rycko Menoza Z.P. (bupati Lamsel), Arisandi (bupati Pesawaran)—dan setingkat lebih senior di atasnya Muchlis Basri (bupati Lambar), Bambang Kurniawan (bupati Tanggamus), dan Bustami Zainuddin (bupati Way Kanan), ketiganya berbekal pengalaman sebagai wakil bupati!" sambut Amir. "Menurutmu, faktor apa yang signifikan menimbulkan implikasi?"

"Di-by-pass-nya proses merit senioritas dan merit prestasi sekaligus!" tegas Umar.


"Dari berbagai penelitian keajaiban bangkitnya Jepang pasca-Perang Dunia II diketahui paduan kedua merit dalam kultur organisasi jadi kunci suksesnya! Merit senioritas menanamkan loyalitas dengan jenjang karier dari bawah menapak naik sesuai dengan masa pengabdian! Lewat merit prestasi, setiap yang berpretasi dapat promosi menapak naik lebih cepat! Dengan itu, tubuh lembaga kokoh dan sehat dengan kesetiaan dan persaingan prestasi, mendorong kemajuan lembaga mencapai tujuan!"

"Apa implikasi dilangkahinya merit senioritas atau pengalaman dan pembuktian prestasi teruji dalam kepemimpinan kaum muda kita?" kejar Amir.
"Itu sisi lemahnya, menjadikan tampuk pimpinan tempat mencari pengalaman dan menguji prestasi!" tegas Umar. "Terpenting dari merit senioritas itu orientasinya pada tujuan yang secara kultural mendarah daging (di Jepang menjadi semangat bushido) tertanam lewat proses pengabdian! Pada kaum muda pemimpin kita, apakah orientasi pelayan masyarakat dan mengutamakan kepentingan rakyat bisa mengalahkan godaan memuaskan kepentingan kekuasaan, itu masalahnya!"

"Tapi dunia kan kaya perspektif!" timpal Amir. "Misalnya Yuppie—young urban professionals—tanpa proses merit senioritas dan merit prestasi ramai kiprah di papan atas nyaris semua bidang kehidupan Amerika Serikat!"

"Fenomena Yuppie dengan profesionalitas kaum muda pada bidangnya mencapai jabatan secara instan memang memberi harapan!" tegas Umar. "Tapi profesionalitas di bidangnya harus dipenuhi kaum muda pemimpin kita—meskipun lewat belajar sambil praktek berkuasa! Terutama belajar dalam orientasi pada kepentingan rakyat—justru dengan menghindari jauh-jauh sisi negatif Yuppie, gaya hidup yang konsumtif serbamewah!" ***


0 komentar: