Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Nobel Bob Dylan, Buat Syair Lagu Rock!

KETIKA membaca berita Bob Dylan mendapat hadiah Nobel Sastra 2016, ingatan segera melayang ke penyanyi Sinead O'Connor saat membawakan lagu A Satisfied Mind ciptaan Dylan di YouTube (2012) dengan penghayatan totalitas membaca puisi. Terpikir, seharusnya seperti itulah gaya orang membaca puisi.
A Satisfied Mind lagu ke-10 dalam arsip resmi situs Bob Dylan (http://bobdylan.com/song) dari 552 lagu ciptaannya yang sudah diarsipkan. Lagu-lagu ciptaan Dylan tercatat dinyanyikan ratusan penyanyi (daftarnya di Wikipedia), di antaranya dinyanyikan Elvis Presley: Blowin in the Wind; I Shall be Released; dan Tomorrow is a Long Time. Banyak lagu Dylan yang didaur ulang oleh penyanyi-penyanyi dari zaman ke zaman, dari era Elvis hingga sekarang.
Bob Dylan bernama lengkap Robert Allen Zimmerman, lahir 24 Mei 1941 di Minessota, Amerika Serikat, terkenal sebagai penyanyi, penulis lagu, pengarang, penyair, dan pelukis. Amat mengejutkan namanya diumumkan sebagai pemenang Nobel Sastra 2016 oleh Sekretaris The Swedish Academy, Sara Danius, Kamis (13/10/2016), pukul 01.00 waktu Stockholm.
"Hadiah Nobel Sastra tahun ini diberikan kepada Bob Dylan karena mampu menciptakan ekspresi puitis baru di tradisi syair lagu Amerika," ujar Danius. Nobel Sastra 2015 jatuh pada penulis dan wartawan asal Belarusia, Svetlana Alexievich. (detik.com, 13/10/2016)
Menurut Danius, Dylan tak hanya dikenal lewat musik. Tapi dia adalah penyair yang baik. "Hampir 54 tahun lamanya, dia berhasil membawa lirik-lirik yang penuh makna di karyanya. Dia juga seorang penyair yang baik dan membawa identitas baru di liriknya," kata Danius.
Jika ingin mendengarkan syair penuh makna Bob Dylan, saran Danius agar mendengarkan album Blonde on Blonde dari 1966. "Saya suka kata-katanya," tambahnya.
Ini merupakan Nobel Sastra pertama yang diberikan pada syair yang terdapat dalam lirik lagu sejak penghargaan itu diberikan pertama kali pada 1901. Dylan juga merupakan orang Amerika pertama yang memenangkan Nobel Sastra sepanjang lebih dari dua dekade, sejak novelis Toni Morrison meraih hadiah tersebut pada 1993. (CBSNews, 13/10/2016)
Nobel untuk syair lagu Dylan jelas menarik karena jenis musik Dylan adalah rock! Majalah Rolling Stone pernah sekali menyebut dia “the most secretive and elusive person in the entire rock and roll substructur"—pribadi yang amat tertutup dan sukar dipahami di belantara rock and roll. Nyatanya begitulah kepribadian kelas Nobel. ***

0 komentar: