Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Didamba, Bhayangkara Profesional!

“KaTa bhayangkara dalam bahasa Sansekerta berarti gagah perkasa! Dengan arti de­ mikian, bhayangkara dijadikan nama pasukan elite Kerajaan majapahit!” ujar umar. “Jika hari ini kita memperingati Hari Bhayangkara, sama sekali tak lepas dari makna asalnya— gagah perkasa—sang pelin­ dung dan pengayom seluruh masyarakat bangsa, Kepolisian negara RI yang hadir 67 tahun lalu!” 

“Kegagahan dan keperkasa­ annya diwujudkan dalam rasa aman dan nyaman segenap warga bangsa dalam per­lindungan dan pengayoman Sang Bhayangkara!” sambut amir. “Jika justru rasa kurang aman dan nyaman yang le­ bih mencekam warga, akibat kurang efektifnya perlindung­ an dan pengayomannya, seper­ ti dirasakan warga Lampung utara yang selalu waswas pada begal tak peduli siang bolong apalagi malam—berarti ke­ bhayangkaraan polisi negara perlu dimantapkan lagi!”

“Bhayangkara aslinya me­ mang kata sifat, jadi kefung­ sionalannya inheren secara esensial!” tegas umar. “na­ mun, fungsi perlindungan dan pengayoman yang inheren dalan sifat gagah perkasa itu bisa saja ketinggalan oleh laju kelihaian penjahat—yang tersimpul dalam modus ope­ randi—pengenalan cara kerja kejahatan post factum—setelah kejadian!” 

“Karena itu, Bhayangkara profesional fasih mekanisme modus seperti permainan ca­tur—mengantisipasi berbagai variasi lima sampai tujuh lang­ kah ke depan!” timpal amir. “Kian banyak variasi dikua­ sai, semakin jauh pula langkah ke depan bisa dibaca, lebih tinggi kemampuan antisipasi menangkal kejahatan! Lika­liku catur modus itu mungkin salah satu unsur kompetensi profe­ sionalisme kepolisian, hingga polisi tak kecolongan melulu!” “pesatnya kemajuan teknolo­ g i d a n p e r u b a h a n s o s i a l menuntut kemampuan polisi tak lagi sekadar membentengi penguasa korup dari labrakan massa yang mengkritik keja­ hatan luar biasa (korupsi) sang penguasa!” tukas umar. 

“Didamba, polisi profesional yang bisanya bukan cuma jadi alat penguasa melindungi korupsinya—dalam arti luas! Tapi profesional yang tajam dalam tugasnya membasmi se­ gala jenis kejahatan, terutama kejahatan luar biasa di level mana pun, bukan malah jadi bagian dari penyakit yang harus disembuhkan! Dirgahayu Bhayangkara bangsa!” ***

0 komentar: